Langsung ke konten utama

PENGERTIAN DARI JOINT VENTURE DAN WARALABA

1. Joint Venture

    yaitu kerjasama antara 2 atau lebih perusahaan untuk membuat perusahaan baru bersama.

  - Jenis-Jenis Joint Venture

     Joint Venture terbagi menjadi 2 jenis, yaitu ada joint ventur domestik dan joint venture internasional, pengertian dari kedua jenis tersebut sebagai berikut;
     1. Joint Venture Domestik, yaitu bentuk kerjasama antara perusahaan dalam negeri.
     2. Joint Venture Internasional, yaitu bentuk kerjasama antara perusahaan luar negeri.
  
- Contoh dari Joint Venture 
       misalnya perusahaan Indofood dengan Nestle. Dua perusahaan yang sama-sama ternama itu bekerjasama dan membentuk perusahaan yaitu PT Nestle Indofood Citarasa Indonesia.


2. Waralaba
   
   atau disebut juga dengan franchise yg berarti hak atau kebebasan. Pengertian dari waralaba yaitu salah satu perusahaan yang dapat digunakan haknya untuk orang lain, maksutnya oranglain yg bukan pemilik perusahaan bisa membuat cabang-cabang dari perusahaan tersebut.
  
-  Jenis-Jenis Waralaba
   
    Waralaba terbagi menjadi 2 jenis, sama seperti Joint Venture, Waralaba terbagi menjadi Waralaba luar negeri dan Waralaba dalam negeri.
    1. Waralaba Luar Negeri, jenis waralaba ini lebih digemari karena nama perusahaan utamanya sudah mendunia, dan pastinya lebih dikenal oleh orang banyak.
    2. Waralaba Dalam Negeri, jenis waralaba ini tidak kalah peminatnya dari waralaba luar negeri, waralaba ini mampu membuka cabang untuk orang-orang yang tidak terlalu paham dengan membuat brand/membuat usaha sendiri, di waralaba jenis ini perusahaan/brand pusatnya akan mengirimkan semua bahan-bahan atau apapun yg dibutuhkan dicabang tersebut, cukup menginvestasi saja kepusatnya semua beres.

 -  Contoh dari Waralaba
       misalnya seperti Indomart atau seperti restoran-restoran fast food yang ada dimana-mana, ornag-orang menginvest atau membeli franchise perusahaan tersebut untuk membuka cabang lagi, dan perusahaan utama nanti akan memberikan kebutuhan yg dibutuhkan kepada cang-cabang tersebut.



















Terimakasih kepada link dibawah telah memberi inspirasi untuk saya;

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SISTEM PRODUKSI : PT. L’Oréal

          PT. L’Oréal INDONESIA merupakan perusahaan dibidang produksi kecantikan. L’Oréal telah menetapkan misi untuk menawarkan inovasi kosmetika terbaik dalam hal kualitas, efektifitas dan keamanan bagi pria dan wanita  di seluruh dunia. L’Oréal mencapai misi tersebut dengan mempertemukan kebutuhan tak terbatas akan aspirasi kecantikan di dunia.      Sebagai perusahaan kecantikan yang memiliki 34 merek internasional, L’Oréal selalu berusaha menjadi yang terdepan dalam menjawab kebutuhan konsumen. L’Oréal adalah salah satu perusahaan yang dengan cepat menanggapi tren peningkatan preferensi belanja  online  dan hingga saat ini berhasil menjadi salah satu pemimpin di  e-commerce  untuk produk kecantikan.      L’Oréal percaya bahwa  e-commerce  merupakan salah satu solusi terbaik yang ada saat ini. L’Oréal menjual produknya di tiga channel berbeda,yaitu; situs distributor res...

RASIO KEUANGAN

   RASIO KEUANGAN yaitu alat analisis keuangan untuk mengetahui nilai kinerja suatu perusahaan berdasarkan data keuangan yang terdapat pada laporan keuangan.      JENIS - JENIS RASIO KEUANGAN : 1. Earning Ratio          yaitu alat untuk menghitung peebandingan harga saham perusahaan dengan pendapatan perusahaan.        Earning Ratio terbagi menjadi 6, yaitu;   a.) Dividen Per-share ( DPS)        yaitu, keuntungan saham yg diberikan sesuai dengan jumlah saham yang dimiliki. b.) Earning Per-share (EPS)         yaitu,    EPS= Laba bersih / Jumlah saham beredar c.) Book Value Per-share (BVPS)         yaitu, rasio yabg digunakan untuk membandingkan ekuitas pemegang saham dengan jumlah saham berbeda.         Rumus BVPS: ...

GCG (Good Corporate Govername)

PENGERTIAN GCG         GCG kepanjangan dari Good Corporate Govername atau disebut juga dengan Tata Kelola Perusahaan.       GCG(Good Corporate Govername) adalah pengarahan dan prinsip sebuah perusahaan agar dapat menyeimbangkan antara kewenangan dengan kekuatan perusahaan, dan agar mencapai tujuan utama perusahaan tersebut. SEJARAH MUNCULNYA GCG        Pada tahun 1980 di Amerika Serikat muncul masalah diperusahaan-perusahaan besar, yaitu banyaknya orang serakah dan pengambil alihan perusahaan, maka para perusahaan atau pemilik saham sadar akan pentingnya sistem tata kelola dalam perusahaan atau disebut GCG(Good Corporate Govername).      Tahun 1992  masyarakat otomotif industri jepang memberi kritik kepada industri otomitif Amerika Serikat karena memberikan gaji terlalu tinggi, bahkan resesi pada tahun 1998 menunjukan bahwa gaji terus naik, sedangkan nilai pemilih saham waktu itu san...