Langsung ke konten utama

Jenis - Jenis Bisnis

Jenis-jenis bisnis terbagis menjadi 4, yaitu; Monopsoni,Monopili, Oligopsoni, dan Oligopoli.
  berikut penjelasan,ciri-ciri,dan contoh dari macam jenis-jenis bisnis:


*) MONOPSONI
 
     yaitu; satu usaha yang menguasai penjualan pasokan.
 ciri-ciri monopsoni:
- pembeli hanya ada satu
- harga ditentukan pembeli
- biasanya barang yang dijual berupa brang mentah
- perselisihan harga antara penjual dan pembeli  
- pendapatan tidak selalu sama
 
   contoh dari monopsoni itu seperti pemotongan ayam, atau perkebukan. yg hasilnya bisa dijual kepada pembeli yg untuk dijual kembali.


*) MONOPOLI
     
     yaitu; penguasaan bsinis yang dilakukan perusahaan untuk menguasai semua penjualan kebutuhan pelanggan.
 ciri-ciri dari monopoli:
- dikuasai oleh satu perusahaan besar
- harga ditentukan oleh penjual atau harga sudah tetap
- tidak ada barang ganti
- dilakukan oleh perusahaan-perusahaan yang sudah besar

   contoh dari monopoli itu seperti perusaan yg banyak mengeluarkan barang dengan merk berbeda-beda tetapi tetap satu grup.


*) OLIGOPSONI

     yaitu; menguasai dalam penjualan dan pembelian pasokan barang/jasa di suatu pasar komoditas. oligopsoni dengan monopsoni memang hampir sama.
ciri-ciri dari oligopsoni:
- pembeli biasanya seorang distributor
- yg dijual bahan mentah
- harga biasanya stabil
- pendapatan selalu merata

     contoh dari oligopsoni itu seperti seorang agen yg biasanya membeli barang dari tempatnya langsung dan menjualnya lg kepada konsumen.


*) OLIGOPOLI

      yaitu; persaingan antar sesama penjual dari peminatan pembeli
ciri-ciri dari oligopoli:
- produk yg dijual biasanya hampir sama kegunaannya
- banyak strategi untuk menarik perhatian konsumen
- harga produk hampir sama

     contoh dari oligopoli itu seperti perusahaan rokok atau smartphone, mereka menjual produk yg hampir sama, tetapi membuat lebih unggul supaya pembeli lebih tertarik dari salah satunya.







terimakasih kepada link dibawah, telah memberi referensi;

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SISTEM PRODUKSI : PT. L’Oréal

          PT. L’Oréal INDONESIA merupakan perusahaan dibidang produksi kecantikan. L’Oréal telah menetapkan misi untuk menawarkan inovasi kosmetika terbaik dalam hal kualitas, efektifitas dan keamanan bagi pria dan wanita  di seluruh dunia. L’Oréal mencapai misi tersebut dengan mempertemukan kebutuhan tak terbatas akan aspirasi kecantikan di dunia.      Sebagai perusahaan kecantikan yang memiliki 34 merek internasional, L’Oréal selalu berusaha menjadi yang terdepan dalam menjawab kebutuhan konsumen. L’Oréal adalah salah satu perusahaan yang dengan cepat menanggapi tren peningkatan preferensi belanja  online  dan hingga saat ini berhasil menjadi salah satu pemimpin di  e-commerce  untuk produk kecantikan.      L’Oréal percaya bahwa  e-commerce  merupakan salah satu solusi terbaik yang ada saat ini. L’Oréal menjual produknya di tiga channel berbeda,yaitu; situs distributor resmi, situs brand resmi dan platform pure player. Pemasaran, komunikasi, dan praktik penjual didukung oleh

RASIO KEUANGAN

   RASIO KEUANGAN yaitu alat analisis keuangan untuk mengetahui nilai kinerja suatu perusahaan berdasarkan data keuangan yang terdapat pada laporan keuangan.      JENIS - JENIS RASIO KEUANGAN : 1. Earning Ratio          yaitu alat untuk menghitung peebandingan harga saham perusahaan dengan pendapatan perusahaan.        Earning Ratio terbagi menjadi 6, yaitu;   a.) Dividen Per-share ( DPS)        yaitu, keuntungan saham yg diberikan sesuai dengan jumlah saham yang dimiliki. b.) Earning Per-share (EPS)         yaitu,    EPS= Laba bersih / Jumlah saham beredar c.) Book Value Per-share (BVPS)         yaitu, rasio yabg digunakan untuk membandingkan ekuitas pemegang saham dengan jumlah saham berbeda.         Rumus BVPS: BVPS= Total ekuitas / jumlah saham yang beredar= (Aset - Hutsng) / jumlah saham yang beredar d.) Cash Flow Per-share (CFPS)         yaitu, kas perusahaan dibagi sesuai jumlah saham.      Rumus CFPS: Arus kas bebas = Arus kas dari o