Langsung ke konten utama

APA ITU FINTECH?

FinTech  
  yaitu aktivitas dalam bidang keuangan yang menggunakan bantuan jasa teknologi agar mudah diakses.

Sejarah Munculnya FinTech  

   Perkembangan komputer dan jaringan internet pada tahun 1966 memberi para pengusaha untuk mengembangkan bisnisnya menggunakan jaringan internet tersebut.
   Pada era 1980, disinilah fintech mulai berkembang, karena bank mulai menggunakan pencatatan data yang diakses melalui komputer dan jaringan internet.
    Dan pada tahun 1998 ketika bank mulai mengenalkan 'online banking' atau kita sebut dengan e-banking, kenapa nasabahnya maka fintech pun makin berkembang dengan pesat, pembayaran yg praktis membuat para nasabah lebih di permudah.

Jenis-Jenis FinTech
   
   Fintech terbagi menjadi 3 jenis, yaitu ada fintech payment,peer to peer, dan aggregator.
   1. Fintech Payment, cara pembayarannya menggunakan internet, payment juga memudahkan untuk mentransfer uang.
  
   2. Fintech Peer To Peer(p2p), ini sangat memudahkan masyarakat bawah, karena fintech jenis ini dapat meminjam uang tanpa harus memiliki rekening. Mungkin seperti akulaku.com contohnya.
  
   3. Fintech Aggregator, ini membandingkan data-data untuk penggunanya, supaya menemukan yang pas sesuai kebutuhan masing-masing pengguna. Mungkin yg kita kenal seperti traveloka ya.. ketika ingin mencari tempat penginapan, dia akan mencakup semua data-data tempat penginapan yg pas dan cocok sesuai keinginan penggunanya.

contoh perusahaan FinTech
    Disini saya akan memberi contoh seperti perusahaan FinTech Ngaturduit, jasa ini membantu dalam mengatur keuangan. Seluruh jasa diberi gratis, dapat membantu masyarakat bawah untuk membuka bisnis kecil-kecilan.















Terimakasih kepada link dibawah, telah memberi inspirasi;


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jenis - Jenis Bisnis

Jenis-jenis bisnis terbagis menjadi 4, yaitu; Monopsoni,Monopili, Oligopsoni, dan Oligopoli.   berikut penjelasan,ciri-ciri,dan contoh dari macam jenis-jenis bisnis: *) MONOPSONI        yaitu; satu usaha yang menguasai penjualan pasokan.  ciri-ciri monopsoni: - pembeli hanya ada satu - harga ditentukan pembeli - biasanya barang yang dijual berupa brang mentah - perselisihan harga antara penjual dan pembeli    - pendapatan tidak selalu sama      contoh dari monopsoni itu seperti pemotongan ayam, atau perkebukan. yg hasilnya bisa dijual kepada pembeli yg untuk dijual kembali. *) MONOPOLI            yaitu; penguasaan bsinis yang dilakukan perusahaan untuk menguasai semua penjualan kebutuhan pelanggan.  ciri-ciri dari monopoli: - dikuasai oleh satu perusahaan besar - harga ditentukan oleh penjual atau harga sudah tetap - tidak ada barang ganti - dilakukan oleh perusahaan-perusahaan yang sudah besar    contoh dari monopoli itu seperti perusaan yg banyak mengeluarkan bar

SISTEM PRODUKSI : PT. L’Oréal

          PT. L’Oréal INDONESIA merupakan perusahaan dibidang produksi kecantikan. L’Oréal telah menetapkan misi untuk menawarkan inovasi kosmetika terbaik dalam hal kualitas, efektifitas dan keamanan bagi pria dan wanita  di seluruh dunia. L’Oréal mencapai misi tersebut dengan mempertemukan kebutuhan tak terbatas akan aspirasi kecantikan di dunia.      Sebagai perusahaan kecantikan yang memiliki 34 merek internasional, L’Oréal selalu berusaha menjadi yang terdepan dalam menjawab kebutuhan konsumen. L’Oréal adalah salah satu perusahaan yang dengan cepat menanggapi tren peningkatan preferensi belanja  online  dan hingga saat ini berhasil menjadi salah satu pemimpin di  e-commerce  untuk produk kecantikan.      L’Oréal percaya bahwa  e-commerce  merupakan salah satu solusi terbaik yang ada saat ini. L’Oréal menjual produknya di tiga channel berbeda,yaitu; situs distributor resmi, situs brand resmi dan platform pure player. Pemasaran, komunikasi, dan praktik penjual didukung oleh

RASIO KEUANGAN

   RASIO KEUANGAN yaitu alat analisis keuangan untuk mengetahui nilai kinerja suatu perusahaan berdasarkan data keuangan yang terdapat pada laporan keuangan.      JENIS - JENIS RASIO KEUANGAN : 1. Earning Ratio          yaitu alat untuk menghitung peebandingan harga saham perusahaan dengan pendapatan perusahaan.        Earning Ratio terbagi menjadi 6, yaitu;   a.) Dividen Per-share ( DPS)        yaitu, keuntungan saham yg diberikan sesuai dengan jumlah saham yang dimiliki. b.) Earning Per-share (EPS)         yaitu,    EPS= Laba bersih / Jumlah saham beredar c.) Book Value Per-share (BVPS)         yaitu, rasio yabg digunakan untuk membandingkan ekuitas pemegang saham dengan jumlah saham berbeda.         Rumus BVPS: BVPS= Total ekuitas / jumlah saham yang beredar= (Aset - Hutsng) / jumlah saham yang beredar d.) Cash Flow Per-share (CFPS)         yaitu, kas perusahaan dibagi sesuai jumlah saham.      Rumus CFPS: Arus kas bebas = Arus kas dari o