Mari kita bahas tentang perbedaan 5P dan 7P, berikut perbedaan antata 5P dan 7P:
• PENGERTIAN TENTANG 5P
5P atau konvensional yaitu strategi marketing yang bertujuan untuk membuat para klien tertarik dalam market perusahaan.
Berikut yang termasuk kedalam 5P;
1. Produce, yaitu sesuatu hal yang para perusahaan akan jual atau tawarkan, termasuk fitur dan keuntungan yang akan didapatkan klien dengan membeli produk dari perusahaan tersebut.
2. Price, yaitu harga produk yang akan mempengaruhi klien. Untuk menarik perhatian klien maka perlu menggunakan strategi seperti memberi diskon.
3. Promotion, yaitu aktivitas promosi untuk menarik peminat para klien.
4. Place, yaitu menempatkan produk-produk supaya dapat dilihat oleh klien, agar dapat dijual dan didistribusikan.
5. People, yaitu pekerja jasa yang akan memperoleh produk perusahaan, seperti staf dan sales yang akan menawarkan produk-produk perusahaan.
• PENGERTIAN TENTANG 7P
7P yaitu mengenai strategi komunikasi pemasaran.
Berikut yang termasuk kedalam 7P;
1. Product (the services) / produk dan jasa.
Merupakan produk yang dapat memenuhi kebutuhan para konsusem dan memberi manfaat kepada konsumen.
2. Price / harga.
Harga merupakan faktor utama penentu posisi dan harus diputuskan sesuai dengan harga di pasar sasaran,dan pelayanan, serta persaingan.
3. Place / lokasi usaha.
Lokasi menjadi suatu yang harus dipertimbangkan secara matang, tempat-tempat yang strategis pastinya memiliki peluang akses publik yang lebih baik.
4. Promotion / strategi promosi.
Promosi merupakan suatu aktivitas yang dapat mengkomunikasikan informasi yang menarik tentang produk yang ditawarkan oleh penjual.
5. People / sumber baya manusia(sdm).
People merupakan aset utama dalam industri jasa, terlebih lagi dalam bisnis yang membutuhkan sumber daya dengan performance tinggi. Kebutuhan konsumen terhadap karyawan berkinerja tinggi akan menyebabkan konsumen merasa puas.
6. Process / proses atau aktivitas bisnis.
Layanan jasa ataupun kualitas produk sangat bergantung pada proses penyampaian jasa kepada konsumen, seluruh operasional perusahaan harus dijalankan sesuai dengan sistem dan prosedur yang terstandarisasi oleh karyawan.
7. Physical Evidence / bukti fisik perusahaan.
Building merupakan bagian dari bukti fisik, karakteristik yang menjadi persyaratan yang bernilai tambah bagi konsumen dalai perusahaan jasa yang memiliki karakter. Perhatian terhadap interior, bangunan, termasuk lightning system, dan tata ruang yang lapang menjadi perhatian penting dan dapat mempengaruhi mood pengunjung.
terimakasih kepada link dibawah ini:
https://mebiso.com/sudah-tahu-5p-dalam-marketing-ada-apa-saja-ini-dia-jawabannya/ 8-11-18 5:30pm
https://karinov.co.id/pengertian-bauran-pemasaran-7p/ 9-11-18 8-30am
Komentar
Posting Komentar