Langsung ke konten utama

PERBEDAAN ANTARA 5P DAN 7P

      Mari kita bahas tentang perbedaan 5P dan 7P, berikut perbedaan antata 5P dan 7P:

• PENGERTIAN TENTANG 5P
  
   5P atau konvensional yaitu strategi marketing yang bertujuan untuk membuat para klien tertarik dalam  market perusahaan.
  
   Berikut yang termasuk kedalam 5P;
1. Produce, yaitu sesuatu hal yang para perusahaan akan jual atau tawarkan, termasuk fitur dan keuntungan yang akan didapatkan klien dengan membeli produk dari perusahaan tersebut.

2. Price, yaitu harga produk yang akan mempengaruhi klien. Untuk menarik perhatian klien maka perlu menggunakan strategi seperti memberi diskon.

3. Promotion, yaitu aktivitas promosi untuk menarik peminat para klien.

4. Place, yaitu menempatkan produk-produk supaya dapat dilihat oleh klien, agar dapat dijual dan didistribusikan.

5. People, yaitu pekerja jasa yang akan memperoleh produk perusahaan, seperti staf dan sales yang akan menawarkan produk-produk perusahaan.

PENGERTIAN TENTANG 7P

   7P yaitu mengenai strategi komunikasi pemasaran.
Berikut yang termasuk kedalam 7P;
1. Product (the services) / produk dan jasa.
       Merupakan produk yang dapat memenuhi kebutuhan para konsusem dan memberi manfaat kepada konsumen.

2. Price / harga.
       Harga merupakan faktor utama penentu posisi dan harus diputuskan sesuai dengan harga di pasar sasaran,dan pelayanan, serta persaingan.

3. Place / lokasi usaha.
       Lokasi menjadi suatu yang harus dipertimbangkan secara matang, tempat-tempat yang strategis pastinya memiliki peluang akses publik yang lebih baik.

4. Promotion / strategi promosi.
       Promosi merupakan suatu aktivitas yang dapat mengkomunikasikan informasi yang menarik tentang produk yang ditawarkan oleh penjual.

5. People / sumber baya manusia(sdm).
       People merupakan aset utama dalam industri jasa, terlebih lagi dalam bisnis yang membutuhkan sumber daya dengan performance tinggi. Kebutuhan konsumen terhadap karyawan berkinerja tinggi akan menyebabkan konsumen merasa puas.

6. Process / proses atau aktivitas bisnis.
       Layanan jasa ataupun kualitas produk sangat bergantung pada proses penyampaian jasa kepada konsumen, seluruh operasional perusahaan harus dijalankan sesuai dengan sistem dan prosedur yang terstandarisasi oleh karyawan.

7. Physical Evidence / bukti fisik perusahaan.
       Building merupakan bagian dari bukti fisik, karakteristik yang menjadi persyaratan yang bernilai tambah bagi konsumen dalai perusahaan jasa yang memiliki karakter. Perhatian terhadap interior, bangunan, termasuk lightning system, dan tata ruang yang lapang menjadi perhatian penting dan dapat mempengaruhi mood pengunjung.

    

terimakasih kepada link dibawah ini:
https://mebiso.com/sudah-tahu-5p-dalam-marketing-ada-apa-saja-ini-dia-jawabannya8-11-18 5:30pm
https://karinov.co.id/pengertian-bauran-pemasaran-7p/ 9-11-18 8-30am

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jenis - Jenis Bisnis

Jenis-jenis bisnis terbagis menjadi 4, yaitu; Monopsoni,Monopili, Oligopsoni, dan Oligopoli.   berikut penjelasan,ciri-ciri,dan contoh dari macam jenis-jenis bisnis: *) MONOPSONI        yaitu; satu usaha yang menguasai penjualan pasokan.  ciri-ciri monopsoni: - pembeli hanya ada satu - harga ditentukan pembeli - biasanya barang yang dijual berupa brang mentah - perselisihan harga antara penjual dan pembeli    - pendapatan tidak selalu sama      contoh dari monopsoni itu seperti pemotongan ayam, atau perkebukan. yg hasilnya bisa dijual kepada pembeli yg untuk dijual kembali. *) MONOPOLI            yaitu; penguasaan bsinis yang dilakukan perusahaan untuk menguasai semua penjualan kebutuhan pelanggan.  ciri-ciri dari monopoli: - dikuasai oleh satu perusahaan besar - harga ditentukan oleh penjual atau harga sudah tetap - tidak ada barang ganti - dilakukan oleh perusahaan-perusahaan yang sudah besar    contoh dari monopoli itu seperti perusaan yg banyak mengeluarkan bar

SISTEM PRODUKSI : PT. L’Oréal

          PT. L’Oréal INDONESIA merupakan perusahaan dibidang produksi kecantikan. L’Oréal telah menetapkan misi untuk menawarkan inovasi kosmetika terbaik dalam hal kualitas, efektifitas dan keamanan bagi pria dan wanita  di seluruh dunia. L’Oréal mencapai misi tersebut dengan mempertemukan kebutuhan tak terbatas akan aspirasi kecantikan di dunia.      Sebagai perusahaan kecantikan yang memiliki 34 merek internasional, L’Oréal selalu berusaha menjadi yang terdepan dalam menjawab kebutuhan konsumen. L’Oréal adalah salah satu perusahaan yang dengan cepat menanggapi tren peningkatan preferensi belanja  online  dan hingga saat ini berhasil menjadi salah satu pemimpin di  e-commerce  untuk produk kecantikan.      L’Oréal percaya bahwa  e-commerce  merupakan salah satu solusi terbaik yang ada saat ini. L’Oréal menjual produknya di tiga channel berbeda,yaitu; situs distributor resmi, situs brand resmi dan platform pure player. Pemasaran, komunikasi, dan praktik penjual didukung oleh

RASIO KEUANGAN

   RASIO KEUANGAN yaitu alat analisis keuangan untuk mengetahui nilai kinerja suatu perusahaan berdasarkan data keuangan yang terdapat pada laporan keuangan.      JENIS - JENIS RASIO KEUANGAN : 1. Earning Ratio          yaitu alat untuk menghitung peebandingan harga saham perusahaan dengan pendapatan perusahaan.        Earning Ratio terbagi menjadi 6, yaitu;   a.) Dividen Per-share ( DPS)        yaitu, keuntungan saham yg diberikan sesuai dengan jumlah saham yang dimiliki. b.) Earning Per-share (EPS)         yaitu,    EPS= Laba bersih / Jumlah saham beredar c.) Book Value Per-share (BVPS)         yaitu, rasio yabg digunakan untuk membandingkan ekuitas pemegang saham dengan jumlah saham berbeda.         Rumus BVPS: BVPS= Total ekuitas / jumlah saham yang beredar= (Aset - Hutsng) / jumlah saham yang beredar d.) Cash Flow Per-share (CFPS)         yaitu, kas perusahaan dibagi sesuai jumlah saham.      Rumus CFPS: Arus kas bebas = Arus kas dari o